Seberapa kenal kah dengan target market anda

Seberapa kenal kah dengan target market anda

Seberapa kenal kah dengan target market anda, Di pembukaan tulisan saya kali ini, langsung to the point yah. Apa anda sebelum nya sudah tau atau minimal sudah menyerempet kesini ( mengenali, memahami target market anda ) dalam melakoni apa yang di sebut marketing online ?

Jika sudah mengetahui dan sekaligus menerapkan nya dalam marketing online anda maka sudah di pastikan marketing online anda berjalan dengan baik & sesuai dengan kaidah marketing.

Seberapa kenal kah dengan target market anda

Why ? Jika anda melakukan marketing, tentu saja market itu sendiri lah yang harus di pelajari, harus anda pahami, mengenali, mengeksekusi, memberi solusi, memberi edukasi, memberi manfaat kepada target market anda, sesuai jenis layanan yang anda tawarkan kepada mereka, baik produk atau pun jasa.

Kenapa banyak marketing yang gagal terutama marketing online, tidak lain dan tidak bukan adalah karena tidak  mau memahami atau mengenali target market nya, mudah Рmudahan sampai disini anda sudah sedikit menangkap yah.

Hal ini, Seberapa kenal kah dengan target market anda memang setidak bisa instan anda ketahui, dan memerlukan banyak waktu dan juga beberapa ketidak sesuaian dengan perkiraan anda pada saat mengeksekusinya. Seperti contoh anda memiliki produk diet yang bukan berasal dari cairan, ternyata target market anda lebih suka kepada produk diet yang suka nya dengan jenis cairan.

Akan tetapi seiring berjalan nya waktu dan konsistensi untuk terus berakselerasi dan selalu menggali market anda, maka akan semakin mengenali journey mereka, baik berdasarkan umur dominan pembeli produk anda, wilayah yang paling dominan yang membeli produk anda, bagaimana anda mencari orang – orang yang perilaku nya mirip dengan behavior yang sudah anda dapatkan, Bagaimana mengolah data yang sudah anda punya lalu mengembangkan nya menjadi lebih besar lagi sekaligus tepat sasaran.

Bagaimana cara nya agar anda dapat mengenali target market anda ?

Cara yang pertama

Mencari data, data disini bisa anda menggunakan platform seperti ubersuggest untuk kata kunci yang paling banyak di cari, google trends, untuk mengetahui grafic berita yang sedang trending, aktifitas media sosial seperti instagram dengan memanfaatkan hastag.

Di facebook anda bisa menemukan perkumpulan seperti grup facebook, dan jika anda menggunakan media ads atau platform iklan berbayar seperti facebook ads, bisa menggunakan audience insight, di marketplace seperti bukalapak , tokopedia bisa anda mengetahui trending produk ( spesific ) dan masih banyak platform – platform lain nya, untuk anda mengenali mereka target market anda.

Setelah cara yang pertama anda lakukan tentu anda akan mendapat banyak insight, seperti konten yang di sukai, jenis kelamin yang dominan, perkiraan umur dominan, dan sebagai nya, silahkan anda explore dan untuk berusaha kreatif

Cara yang kedua

Eksekusi, di cara yang pertama anda berhasil mendapatkan sebuah data lalu di cara yang kedua adalah eksekusi, coba di testing pasarkan produk anda, dengan data yang sudah anda dapatkan contoh dalam instagram maka anda bisa add list anak – anak muda ( jika sebelum nya anda mendapatkan data dominan umur anak muda )

silahkan anda pasang hastag tempat – tempat tertentu atau hobi – hobi tertentu jika anda mendapatkan data berupa itu, targetting audience melalui interest – interest yang berhubungan dengan data yang sudah anda dapatkan, jika ada ingin menggunakan facebook ads, contoh target market anda sepertinya sangat menyukai super junior, atau syahrini, atau peterpan, maka eksekusi interest yang berhubungan dengan mereka.

Silahkan anda buat artikel di website anda, jika anda mendapati sebuah konten yang paling banyak di sukai dan di cari, jika anda ingin menggunakan platform seperti blog free traffic ( seo ) atau paid traffic ( sem ) / google adwors.

Cara yang ketiga

Evaluasi, setelah anda eksekusi tentu akan mendapatkan data berupa hasil, dan di hasil tersebut lah anda evaluasi bagaimana hasil yang sudah anda capai tersebut, apakah sudah tepat sasaran dan ingin menambah masiv lagi untuk daya ungkit pemasaran online nya, atau jika di rasa belum tepat sasaran, maka anda bisa evaluasi di bagian mana yang kurang lalu silahkan lengkapi atau pun di variasi misal menggunakan video.

Lalu anda lanjutkan untuk eksekusi kembali, dan lakukan terus menerus karena bicara marketing online, tidak akan pernah ada habis nya, dan selalu ada perkembangan setiap detik, menit, jam, hari..

Kesimpulan :

Mulai sekarang jika anda memang serius dalam melakoni marketing online / bisnis online / digital marketing maka wajib sekali untuk memahami, mengenali secara mendalam target market anda.

Dengan begitu anda tidak akan pernah bingung menciptakan sebuah kreasi untuk market anda, termasuk membuat konten penawaran yang tepat untuk mereka.

Cara sederhana yang bisa anda lakukan dan langsung bisa diterapkan ada 3 yang sudah saya sebutkan di atas, tentu nanti anda akan menemukan hal – hal baru, baik yang sangat memberikan insight, baik yang menarik atau bahkan yang membosankan. Tapi itulah faktanya, marketing online tidak bertatap muka, tapi perilaku manusia hampir bisa di ketahui dengan memanfaatkan platform – platform digital yang ada saat ini.

Demikian tulisan saya tentang Seberapa kenal kah dengan target market anda

 

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

KONTAK WHATSAPP
Kontak Whatsapp