Perlukah berjualan dengan email marketing

Perlukah berjualan dengan email marketing

Perlukah berjualan dengan email marketing ?? 

Saya tidak akan menjelaskan secara teknis fungsi dari email marketing di tulisan saya kali ini, mungkin akan saya tulis di lain waktu untuk lebih ke dalam prinsip mendasar.

Yang jelas anda harus tau bahwa basic email marketing atau tujuan dalam email marketing adalah database, iya itu pokok intinya. Dimana jika anda memiliki database dan membagun relathionship atau hubungan saling menguntungkan dengan mereka / database anda. Maka harapan nya akan berdampak bagi pemasaran bisnis anda bukan ? Iyah kurang kebih seperti itu secara garis besar nya.

Lalu pertanyaan nya perlukah anda melakukan strategi penjualan dengan email marketing ?

alasan kenapa email marketing

Jawaban nya tentu sangat mudah, kita akan brainstrooming sejenak mengenai perilaku digital target pemasaran yang akan membahas ke dua kubu.

kubu yang satu cocok dan sangat di anjurkan menggunakan email marketing DAN kubu yang satu nya lagi kurang cocok menggunakan email marketing untuk strategi pemasaran anda.

Kita mulai dari target market kubu yang pertama yaitu yang cocok dan sangat di anjurkan menggunakan email marketing :

Yang harus anda ketahui terlebih dahulu di bagian ini adalah, siapa target market anda ? dan kenapa layak untuk menggunakan email marketing dalam pemasaran nya. jika anda masih dalam bayang – bayang semu seberapa kenalkah anda dengan market anda.

Bisa baca tulisan saya disini yang membahas hal tersebut

ada sebuah istilah dalam marketing yaitu “Behavior” atau bisa di indonesiakan yang berarti perilaku, perilaku yang kita bahas adalah perilaku digital karena memang kita dalam bisnis online tidak mengetahui secara khusus target market kita karena tidak bertatap muka.

dan cara mengetahui nya adalah dengan mengetahui perilaku digital mereka, perilaku digital ini dapat kita simpulkan market anda adalah orang – orang yang memang familiar / betul – betul meresapi dalam menggunakan platform – platform digital seperti media sosial, saya yakin jika di bahas satu persatu akan sangat panjang.

maka dari itu saya akan to the point sekarang juga.

kenapa harus email marketing

 

Jika market anda adalah seorang yang di anggap memiliki wawasan khusus ( TIDAK GAPTEK ) Maka anda sudah selayak nya anda menggunakan email marketing, dan disini jenis produk dan juga jenis usaha anda akan menentukan juga jadi tidak cuma market nya, contoh menjual produk asuransi yang memang produk tersebut memerlukan edukasi khusus, dan anda tentu juga sudah memiliki kriteria market untuk anda tawari produk tersebut bukan ? maka saya anggap sudah berhasil membayangkan disini, maka menggunakan email marketing untuk menawarkan produk anda tersebut sudah seharus nya. Selain menggunakan media traffic yang lain nya.

Selanjut nya jika anda memiliki jasa pembuatan website, yang produk nya memiliki perlakuan khusus seperti membership atau pun akses login, Dan tentu saja anda juga sudah memiliki kriteria khusus untuk jenis market ini, seperti pebisnis, instansi pendidikan, pemerintah. maka sudah selayak nya anda menggunakan email marketing untuk media pemasaran anda.

Dan juga masih banyak yang lain nya, saya kira pasti disini anda sudah memiliki insight Perlukah berjualan dengan email marketing  untuk kubu market jenis ini

Selanjut nya kubu yang kedua yang kurang cocok menggunakan email marketing untuk strategi pemasaran anda.

mengapa email marketing

Perlu di ingat ini adalah kubu market yang kurang cocok apabila anda menggunakan email marketing untuk strategi pemasaran anda, Bukan Tidak cocok yah.

Kembali lagi disini peran anda mengenali market anda adalah faktor mutlak, karena dengan anda mengenali mereka atau behavior mereka, maka langkah yang anda ambil pun akan cenderung tepat. Dalam hal ini kenapa email marketing kurang cocok di terapkan di market jenis yang ke dua ini.

Baik langsung saja, Jika market anda di rasa oleh anda tidak terlalu konvert ( mungkin sudah di coba terlebih dahulu ) jika anda menggunakan email marketing untuk anda menawarkan produk anda kepada mereka, dan produk anda juga sepertinya tidak terlalu memerlukan kebutuhan khusus seperti akses login, atau adanya edukasi khusus. Dan lebih nyaman juga lebih berkonversi apabila anda simpan database kontak non email ( whatsapp, bbm, no telp ) mereka dan menawarkan kepada mereka lewat media yang lebih memiliki kemudahan seperti whatsapp, bbm, no telp. Maka email marketing mungkin belum cocok untuk anda gunakan untuk jenis produk anda maupun market anda sekarang ini.

Misalkan anda menjual celana jeans, sepatu, atau kosmetik yang memang produk tersebut sudah sangat umum, dan juga konsumen anda di rasa lebih memiliki engagement apabila anda tawari lewat media yang lebih memungkinkan terjadi nya transaksi, maka simpan database mereka di media tersebut dan berikan penawaran lanjutan juga di media tersebut.

 

Kesimpulan nya adalah :

Database adalah hal yang luar biasa penting apabila memang anda membangun bisnis secara serius bukan main – main tentu nya. Dan email marketing adalah salah satu media yang bisa anda gunakan untuk hal ini, dan semua media termasuk email marketing bisa anda gunakan untuk menyimpan database dan media penawaran kepada target market anda.

TAPI Memang ada yang langsung bisa di terapkan seperti di kubu yang pertama tadi, dan juga mungkin anda juga ingin mencoba nya di kubu yang ke dua tadi. Tentu anda yang lebih tau market anda, Tapi tulisan saya sekarang membahas tentang ke efektifan untuk saat ini, bukan berarti tidak cocok, keefektifan untuk saat ini, berarti segala nya bisa berubah di kemudian hari.

Anda yang jauh lebih tau tentang behavior dari target market anda, sudah selayak nya selalu melakukan kaizen terus – menerus dalam melakukan kegiatan marketing, karena kedepan semakin maju, semakin canggih, semakin potensial, bukan semakin mundur.

Sekian tulisan saya tentang Perlukah berjualan dengan email marketing, Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

KONTAK WHATSAPP
Kontak Whatsapp