Mulai dari marketplace atau toko online sendiri

Mulai dari marketplace atau toko online sendiri

Mulai dari marketplace atau toko online sendiri

Banyak dari kita memulai bisnis online, ingin memulai bisnis onlie, sudah menjalani bisnis online. Hanya saja ada banyak hasil, dari apa yang mereka lakukan dari yang begitu – begitu saja, ada yang berkemajuan, ada juga yang out atau menyerah. Khusus ini saya akan membahas yang berkaitan dengan masalah tentu saja yah, dan disini saya akan memberikan 2 pilihan yang biasanya menjadi perdebatan halus, atau mengandung unsur idealisme, oleh karena itu bagi anda yang membaca tulisan saya saat ini, mohon di perhatikan y.

Baik anda harus tau bahwa marketplace dan juga toko online sendiri itu adalah 2 platform yang mengantarkan kita kepada model bisnis yang akan kita jalani, keduanya juga memiliki ciri khas masing – masing, tapi yang paling penting ke 2 platform ini, bila anda gunakan tentu saja memiliki tujuan yang sama.

Yaitu mengenalkan produk kepada market anda, menawarkan produk kepada market anda, menjual produk kepada market anda, dengan begitu anda akan mendapatkan keuntungan.

Pertanyaan nya, Mulai dari marketplace atau toko online sendiri ?  Akan saya jabarkan sedikit tetapi ini mengacu kepada point intinya, yang mudah – mudah han bisa anda mengambil kesimpulan dengan bijak, dan menguntungkan bisnis anda.

 

MARKETPLACE

Marketplace adalah pasar online atau mall online, yang di dalam nya banyak ribuan toko yang bertetangga dengan anda, di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, lazada, shopee dan lain nya di indonesia anda bisa membuka toko dan menjual produk anda disana, dan dalam berjualan pun anda tidak perlu memikirkan hal teknis karena untuk itu sudah ada team dari pihak marketplace nya, tugas anda hanya membuat akun, membuat toko dan mengupload produk.

Dan di marketplace sendiri Ada banyak kelebihan, seperti dari metode pembayaran sudah aman yaitu rekening bersama, dari layanan pengiriman sudah di sediakan, permasalahan pengunjung bukan lagi urusan anda, karena sudah di pastikan marketplace akan banyak pengunjung nya tanpa anda mendatangkan sendiri, TAPI walaupun banyak pengunjung belum tentu mereka akan mengunjungi toko anda, karena anda harus bersaing dengan penjual lain yang sangat banyak, Belum lagi anda harus bertarung dengan toko yang menjual produk sama dengan anda, yang banyak kasus mereka menjual dengan harga lebih murah.

Oleh karena itu anda harus jeli dalam menghadapi persaingan di dalam marketplace, buatlah anda menjadi beda, buatlah anda unik dan menjadi opportunity atau kepercayaan bagi konsumen, berikan value kepada konsumen agar mereka memilih anda.

Tapi apakah semudah itu ? Saya jawab semua pasti memerlukan proses, dan yang harus anda perhatikan adalah bagaimana cara nya agar produk anda ditemukan oleh pengunjung, percuma saja, anda sudah mendesign toko anda sebagus mungkin, atau sudah menampilkan foto produk sebagus mungkin, penawaran yang menarik, Tapi ternyata produk anda tidak ditemukan, karena kalah bersaing.

Lallu bagaimana cara nya agar produk kita dapat di temukan oleh pembeli ?? Baik Cara nya  adalah dengan mengoptimasi nya, saya berikan video cara optimasi di salah satu marketplace di indonesia yaitu tokopedia. LIHAT DISINI UNTUK OPTIMASI DASAR DI TOKOPEDIA Agar produk anda di temukan. Selain itu anda juga harus memanfaatkan fitur layanan advertising yang di sediakan oleh marketplace.

Saya bahas sedikit kelemahan dari marketplace karena selain keunggulan nya berupa kemudahan yang sudah saya tulis di atas, seperti tidak perlu repot memikirkan banyak teknis, ada nya pembayaran rekening bersama, yang tentu membuat konsumen percaya, tidak perlu pusing akan traffic, syarat dan ketentuan sudah saya tulis di atas yah, untuk memaksimalkan kemudahan itu.

Dan di marketplace juga ada Kekurangan nya diantaranya, kita tidak bisa mendapat database pembeli kita, dari segi tempat kita menumpang kepada marketplace tersebut tentu tidak ada yang bisa menjamin keselamatan bisnis anda disana, dan sering kali konsumen ingat kepada nama marketplace nya di banding dengan toko kita ini berkaitan dengan branding tentu saja, dimana apabila bisnis sudah memiliki branding melekat akan menimbulkan loyalitas dan juga fanatisme dari customer kita ( syarat dan ketentuan tentu ada ) untuk hal tersebut.

 

TOKO ONLINE SENDIRI

toko online sendiri

Toko online sendiri yang saya maksud disini adalah, anda membuat toko online dengan mandiri tanpa menumpang kepada brand manapun, toko online berdiri dan bisa anda gunakan untuk menjajakan produk, layanan atau jasa kepada konsumen, apabila anda menyewa hosting dan domain dan di instalnya kedalam cms seperti wordpress ( pada umum nya ) lalu barulah anda dapat memiliki sebuah toko online yang mandiri dan profesional.

Jika anda memiliki toko online sendiri tentu juga memiliki banyak kelebihan diantaranya, Anda akan menjadi Arsitek dalam bisnis anda, hal ini melatih anda memiliki jiwa entrepreneur, karena mengenal bisnis sendiri, menguasai nya, dan mengenal pasar sendiri, brand anda akan di ingat oleh pelanggan, bisa menjalankan semua marketing online dengan leluasa mulai dari traffic untuk sendiri, database untuk anda sendiri, system anda bisa kendalikan sendiri artinya dapat memiliki sebuah kontrol yang full atau penuh pada toko online anda tanpa adanya pihak ketiga. Ini tentu sangat penting untuk masa depan bisnis anda kedepan. Dan juga dapat memilih nama toko online atau domain anda sendiri yang bisa anda jadikan magnet bagi market anda.

Selanjutnya setelah ada kelebihan yang sudah saya jelaskan di atas juga ada kekurangan nya jika anda memiliki toko online sendiri, beberapa di antaranya anda harus berusaha sendiri untuk mendatangkan pelanggan untuk mengunjungi toko online anda, anda harus membuat toko online sendiri dengan sedikit agak teknis ( walaupun pada dasar nya sangat mudah ) tapi jika anda mulai benar – benar dari nol, maka perlu adanya bantuan dari orang lain, selanjut nya masalah kepercayaan menjadi kendala karena jika anda menggunakan plaform toko online sendiri, tentu tidak ada nya rekening bersama, tapi hal tersebut sangat bisa di atasi kok, dengan ilmu marketing tentu nya, seperti sosial proof ( testimoni dari pelanggan )

 

Saya kira cukup tulisan saya untuk membahas keduanya, yang perlu harus anda ketahui bahwa kedua nya tentu saja memerlukan pahit atau membutuhkan proses untuk menuju apa yang anda harapkan. Jadi tidak ada yang mudah di antara keduan nya.

Sekarang masuk kepada pilihan, pilih marketplace atau toko online sendiri ?

Jawaban dari saya adalah pilih kedua nya dan berproses lah kepada kedua nya, ( jangan menaruh telur pada satu tempat ) jika pecah satu masih ada yang belum pecah di tempat yang lain.

Karena kedua nya juga akan saling menutupi kekurangan yang ada di salah satu nya dan tentu saja menambah kelebihan nya. anda membuat toko online sendiri bisa anda kawinkan di marketplace, jika ada pembeli yang kurang percaya maka bisa anda gunakan platform toko anda di marketplace, untuk bertransaksi dengan mereka, dengan kondisi tertentu ( jika anda dropship di marketplace atau mengambil barang di marketplace dari suplier yang sama – sama di marketplace yang sama mungkin ini tidak efektif ) anda bisa dengan cara yang sudah saya sebutkan, untuk mengatasi nya,  Tapi sebalik nya jika anda memiliki produk sendiri atau brand sendiri itu akan sangat membantu.

Itulah pendapat saya tentang Mulai dari marketplace atau toko online sendiri

Sekian dari saya sukses untuk anda.

Tinggalkan Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

KONTAK WHATSAPP
Kontak Whatsapp