Jalan hidup seorang internet marketer yang harus di tempuh

Jalan hidup seorang internet marketer yang harus di tempuh

Kali ini kita akan membahas hal yang sedikit filosofis yah, sesuai dengan judul artikel, yaitu tentang jalan hidup seorang internet marketer yang harus di tempuh.

Sepertinya lumayan patut untuk di angkat hehe, mungkin akan lebih ke cerita pengalaman saya dalam menekuni dunia internet marketing ini, atau sekarang banyak juga yang menyebut digital marketing.

Soo apapun itu, tetap saling berkaitan kok antara internet marketing dan digital marketing. Lalu apa jalan hidup seorang internet marketer yang harus di tempuh agar berdampak positif bagi keluarga, ekonomi, team, sosial dan yang lain nya.

Jalan hidup seorang internet marketer yang harus di tempuh

Yang pertama :

Jalan hidup seorang internet marketer ini yang saya tau itu berawal dari pemikiran distorsi terutama saya sendiri, kalau saya analogikan itu, pikiran kita bergejolak, bisa berawal dari kejenuhan yang kita alami dari aktifitas kita sebelum nya.

Bosan dengan suara mesin mungkin yang sebelum nya bekerja di manufactur, atau sedang frustasi ketika tidak ada sesuatu yang bisa di harapkan dalam hal mencukupi kebutuhan hidup ( menganggur ) Baru saja mengalami kebangkrutan, dan lain – lain.

Yang pada intinya di dalam situasi yang penuh kebimbangan baik dalam keadaan tercukupi secara keuangan maupun memang benar – benar sedang minus.

Selanjut nya merasa ternspirasi  karena sering melihat timeline sosial media yang disana banyak orang yang berjualan online atau melihat video di youutube yang banyak orang kampanye tentang kisah mereka termasuk tentang internet marketing, lalu menganggap semua itu enak banget. Its OK

Dan semua itu sah – sah saja, tapi yang harus di ketahui bahwa semua akan sama saja, sama – sama berposes, sama – sama membutuhkan keahlian, sama – sama membutuhkan jam terbang, sama – sama harus bekerja keras, bila kita membandingkan dengan aktifitas sebelum nya. Layak nya orang ingin mencapai tujuan pokoknya apapun itu semua membutuhkan proses.

MENGGALI INFORMASI

Yang kedua :

Akan memulai menggali atau mencari informasi, terkait peluang, potensi, modal, apa yang harus di persiapkan, apa yang di butuhkan, dimana saya bisa belajar, bagaimana memulai nya.

Di tahap ini waktu itu saya hanya modal yakin, tidak ada pengetahuan apapun terkait dengan internet marketing, modal terbatas ( saya habis bangkrut usaha ), kepercayaan dari keluarga tidak ada, ilmu tidak punya, dan apa yang harus di lakukan juga tidak tau. Pokoknya yakin doang kalau ini jalan hidup saya yang harus di tempuh dari jalan yang sebelum nya saya lalui.

Berarti kunci yang saya lalui dan menjadi pakem sampai saya bisa survive sampai sekarang ini adalah keyakinan. Lebih banyak nya keterbatasan membuat saya hanya bisa mengandalkan satu kekuatan yang itu bernama keyakinan, optimis, positif thinking harus saya nyebur dan berdarah – darah kalau ibarat kata.

Apa saja keyakinan yang di pegang karena hanya itu senjata yang di miliki ? Yakin mampu, bisa, sukses dan keyakinan – keyakinan yang lain untuk mendorong energi positif hadir dalam diri. Dan yang paling penting yakin kepada ALLAH SWT akan mempermudah langkah kita.

mulai action bisnis online

Yang ketiga :

Mulai mendengar kata orang, bahkan mendengar kata banyak orang dengan berbagai informasi yang berbeda – beda, disini ada satu catatan penting bahwa kita belum mampu memfilter apa yang kita harus serap saat itu dan mana yang sebenernya belum perlu dahulu karena persoalan maqom atau level kita pastinya.

Yang di perlukan di tahap ini sebetul nya tentang persiapan yang kita miliki pada saat itu. Misal modal sangat minim dan gaptek setengah mati maka yang harus kita pikirkan adalah bagaimana kita melakukan sesuatu yang bisa di lakukan dalam bidang internet marketing tapi tidak membutuhkan modal banyak dan tidak susah – sudah amat.

Contoh lagi, di atas kan saya sudah menyebutkan bahwa kita akan mendengar banyak orang dengan berbagai informasi yang berbeda – beda, tentunya yang membahas internet marketing. Maka kita harus menyerap yang sesuai keadaan kita terlebih dahulu. Misal tips jualan di facebook gratisan atau melihat orang jualan di facebook personal mereka, maka yang harus kita lakukan ya itu terlebih dahulu.

Lain cerita jika memang tabungan masih banyak atau udah lumayan melek teknologi minimal sudah biasa browsing atau sering menggunakan laptop itu tentu saja berbeda dengan yang di atas tadi, artinya sudah bisa melakukan yang memang di butuhkan dan menjadi standart seorang melakukan online marketing ( standart ini saya buat sendiri yah )

Kalau saya bilang seseorang sudah standart dalam melakukan online marketing, yang dia harus kuasai ada 3 hal saja dulu, skill membuat website atau landing page, skill mendatangkan pengunjung ke website, dan skill membuat orang menjadi beli ( termasuk didalamnya ada offer, konten dan produk ).

Pasti anda bertanya, kan saya belum tau website, traffic terus yang didalam nya ada offer, konten dan produk ) harusnya sih sudah tau kan pasti akan melewati masa mencari atau menggali informasi, seperti yang sudah saya tulis pada nomor dua.

 

belajar internet marketing

Yang ke empat :

Sudah mulai belajar pada tahap teknis biarpun melakukan dengan keterbatasan ( materi, peralatan,pemahaman ) sehingga dalam belajarnya tetap ada kebimbangan, maupun yang ada dalam kecukupan ( materi,peralatan,pemahaman ) tapi memiliki masalah yang sama yaitu belum bisa, belum mengerti, pusing setengah mati.

Disini ujian sudah di mulai, dimana konsistensi, fokus pada apa yang sedang di kerjakan menjadi super penting dari pada memikirkan hasil terlebih dahulu sambil mengerjakan atau belajar internet marketing. Jadi fokus pada apa yang sedang dikerjakan dan buat semaksimal mungkin, tanpa memikirkan hasil terlebih dahulu itu kuncinya.

Karena hasil akan mengikuti dari apa yang kita kerjakan, di dalam tahap ini jika ada mentor yang mendampingi maka tidak akan se sesat apabila tanpa mentor, jadi usahakan di tahap ini harus sudah memiliki suatu kerangka kerja. Seperti belajar apa, yang harus di lakukan apa, dan goal dari yang di pelajari.

mulai praktek

 

Yang kelima :

Disini akan mulai menuju tempat atau platform yang bisa di gunakan untuk mempraktek kan ilmu yang sudah di pelajari sebelum nya, karena informasi yang kita terima akan berpengaruh kepada apa yang akan kita pelajari.

Pada waktu waktu kita mendengar perkataan banyak orang ( praktisi internet marketing ) pasti ada salah satu hal yang menarik bagi diri kita untuk di pelajari lalu berkeinginan untuk mengambil jalur itu.

Contoh nya menggunakan facebook ads dalam memulai internet marketing karena artikel ini di buat dari berdasarkan pengalaman, maka saya menyarankan apabila anda tanpa mentor benar – benar akan memakan banyak waktu, tenaga dan bahkan uang.

Kalau tidak berdampak negatif seperti kita menyerah atau frustasi karena pusing nya kebangetan sih tidak masalah. Tapi saya yakin dampak nya akan negatif jika kita tidak memiliki kerangka kerja di tahap ini.

Kerangka kerja yang jelas dan juga panduan yang terstuktur step by step untuk mencapai hasil di dalam internet marketing sesuai platform atau tempat yang akan kita gunakan untuk berjualan secara online pastinya harus sudah ada.

networking

Yang keenam :

Networking, iya kita jangan sampai bergerak sendirian, cari teman yang satu misi untuk menemani perjuangan dan juga sebagai pelipur lara kalau saya boleh bilang hehe, atau sebagai tambahan energi supaya lebih semangat, ini tips dari saya jadi jangan menutup diri, di tahap anda sedang belajar dan mengeksekusi, maka sambil mencari kelompok yang satu bidang terutama.

Dari mana mendapatkan kelompok ini di kota kita, anda bisa searching di google, di facebook, dan di media sosial lain nya dengan kata kunci yang bisnis online di tempat anda.

Setelah itu hubungi dia, ajak ketemu traktir makan, dan ngobrol Рngobrol, energi baru semangat baru akan terinfus kepada kita, selain mendapat pengetauan atau wawasan baru, dan juga teman yang akan menemani perjuangan, untuk berbagi dan memotivasi demi mencapai tujuan yaitu  berhasil di dalam internet marketing.

 

gagal atau lanjut

Yang ketujuh :

Menemui peristiwa dimana akan berhenti atau lanjut, setelah banyak yang telah di lalui disini adalah tahap ada pertempuran besar di dalam diri kita, dimana apabila tidak menemui keberhasilan maka sudah di pastikan akan muncul rasa tidak ingin melanjut kan.

Tapi itu hanya perasaan saja, tapi apabila keyakinan sudah kuat, otomatis disini mulai terbentuk apa yang nama nya mindset, atau cara berpikir, jadi ketika awal mungkin mindset belum kepikiran banget, karena masih ada dalam tahap harapan, bairpun secara tidak langsung apa yang saya bahas di atas adalah bagian dari mindset.

Tapi ketika sudah mempraktek kan dan mengatahui hasil nya dan ternyata tidak sesuai harapan maka mindset itu lah yang akan di uji. Jika pada saat mempraktek kan ternyata bisa mendapatkan hasil maka ini boleh di bilang angin surga, disinilah kita harus bisa mengontrol diri agar tetap fokus, agar ketika sesuatu belum maksimal hanya sebatas hasil, yang besok belum tentu bisa sama bahkan malah minus.

Maka fokus kepada yang berhasil itu dan dalami secara menyeluruh, jika belum berhasil lihatlah contoh – contoh orang yang berhasil, bagaimana mereka melakukan, bisa kepada mentor tentunya.

menjadi internet marketer profesional

Yang kedelapan :

Mulai sadar akan sebuah kompetisi, iya bahwa yang memiliki keinginan untuk berhasil di dalam internet marketing itu banyak, bukan kita saja, yang artinya kita akan bersaing dengan mereka semua dan bagaimana cara minimal dapat bertahan dan yang paling bagus adalah memenangkan nya. memenangkan disini bukan berarti menjatuhkan yah, artinya menang disini bisa mendapatkan yang kita capai walaupun ada nya persaingan.

Dengan menyadari adanya persaingan dalam bisnis terutama di dalam online marketing, maka kita sudah akan memulai memikirkan strategies disini, saya membahas point kedelapan ini dengan catatan saya sudah mampu melewati tahap sebelum nya, dan berhasil bertahan.

Berpikir strategies dapat kita lakukan dengan membiasakan melakukan sesuatu menggunakan peta perencanaan dari mulai awal hingga akhir berikut step by step langkah demi langkah. Bisa melalui kertas dengan membuat coretan disana, dan eksekusi secara nyata.

Yang kesembilan :

pekerjaan seorang internet marketing

Kita adalah seorang internet marketer, disini lah kita sudah meyakini, menyadari, mengakui bahwa pekerjaan yang dilakukan adalah seorang internet marketer, artinya sudah memliki passion atau gairah karena semua perjalanan pahit dan manis sudah terlewati.

Yang saya asumsikan jika anda membaca sampai tahap ini, sudah berhasil karena berhasil mengendalikan waktu paling krusial dan berhasil melewati itu dengan gagah, tentu anda sudah menghasilkan sekaligus sudah menjadi spesialis di platform tertentu yang berhubungan dengan online marketing.

Serta memiliki pondasi yang kokoh untuk bertahan mengalami berbagai bentuk kemungkinan, termasuk keuangan, cara berpikir, mentalitas, skill dan branding.

BERMANFAAT BAGI SESAMA

Yang kesepuluh :

Kebermanfaatan yang lebih luas cangkupan nya, tadi nya hasil dari internet marketing hanya di nikmati oleh diri sendiri dan keluarga saja, selain manfaat produk yang di jual ke konsumen yah.

Di tahap ini sudah mulai kerepotan dan bepikir bagaimana memberikan peluang, kepercayaan untuk tugas – tugas yang biasa anda lakukan sendiri, lalu mulai memepercayakan nya kepada orang lain untuk membantunya.

Merekrut team adalah jalan yang ditempuh agar kebermanfaatan meluas cangkupan nya yaitu mengurangi pengangguran, dan memberikan kesempatan orang lain untuk berkarya dalam hal ini untuk saling melengkapi dan mencukupi antara kita dan team kita.

management bisnis online

Yang kesebelas :

Management, setelah semua hal dilakukan sebagai seorang internet marketer maka belum bisa di katakan profesional apabila belum menerapkan sebuah management, artinya disini anda melakukan sesuatu dengan prosedur, dengan analisis, dengan mengukur, dengan proses yang teratur agar dampak yang di hasilkan lebih dahsyat lagi, walaupun pada awalnya lumayan pusing.

Melakukan management mulai dari hal A – Z Akan mudah untuk anda kontrol dan mengetahui sisi mana yang harus di perbaiki, atau sisi mana yang harus di angkat,

Di tahap ini juga boleh di bilang tahap scalling up pada bisnis. Artinya kita sudah memenuhi 3 kriteria pokok yaitu Sumberdaya manusia, Market yang di perluas, Dan Modal yang cukup, yang pasti akan membutuhkan sebah management dan membangun bisnis yang lebih serius.

Dalam bisnis online maka sudah bisa di bilang internet marketer profesional bahkan business owner.

kesimpulan

Kesimpulan :

Bahwa segala sesuatu yang kita lewati tentu semua tidak ada yang mudah, belajar teknis internet marketing itu lebih mudah dari pada membina mentalitas dan meluruskan mindset, nikmati proses nya, yakini apa yang sudah di yakini asal tetap realistis, dan jangan lupa untuk terbiasa melakukan sesuatu dengan memetakan nya terlebih dahulu.

Saya tidak bahas secara menyeluruh, hanya intisari nya saja, karena kalau saya bahas semua dengan bab – bab yang lebih detail akan sangat panjang bahkan bisa sampai 1 bulan saya baru selesai menulis.

Semoga apa yang saya tulis tentang Jalan hidup seorang internet marketer yang harus di tempuh dapat bermanfaat bagi anda para pengunjung dan pembaca blog saya.

Salam

Uun Wijianto

 

2 Comments

  1. ingin ikut sukses mas..
    menarik sekali..saya 2 tahun masuk dunia digital..ya blm ada hasil,,
    hanya melihat lihat saja, para mastah sukses,,
    over info..jd bingung

Tinggalkan Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

KONTAK WHATSAPP
Kontak Whatsapp