Cara menghadapi tekanan saat menjalani sebuah proses agar tetap fokus dan berhasil

Posted on

Cara menghadapi tekanan saat menjalani sebuah proses agar tetap fokus dan berhasil

Di dalam kita menjalani hidup di dunia ini, yang namanya tujuan sudah pasti ada, akan tetapi akan berbeda ceritanya apabila tujuan tersebut anda perjuangkan dengan sungguh – sungguh dan berusaha mencapainya, dengan yang hanya sebatas kata saja atau keinginan saja tanpa mau berjuang untuk meraih nya.

Tujuan tersebut harus kita rincikan secara spesifik dan jelas, lalu langkah – langkah apa saja yang akan dilakukan, dan potensi apa saja yang akan menghalangi sehingga kita dapat mengantisipasi nya lebih dini.

Cara menghadapi tekanan saat menjalani sebuah proses agar tetap fokus dan berhasil

Namun itu hanyalah sebuah teori yang kenyataan di lapangan malah akan lebih  banyak sekali masalah yang harus di hadapi yang cenderung cepat sampai kepada kita, dari pada tujuan dari impian kita tersebut.

dalam tulisan saya kali ini saya ingin membahas jika anda memiliki tujuan untuk sukses, mungkin yang anda lahir dari keluarga kaya raya tidak terlalalu penting bagi anda untuk menyimak, karena yang saya bahas adalah Cara menghadapi tekanan saat menjalani sebuah proses agar tetap fokus dan berhasil, yang di mulai dari titik nol atau paling dasar alias gak punya apa – apa, namun masih punya harta yang paling berharga yaitu jiwa dan raga yang di berikan oleh ALLAH SWT.

fokus agar berhasil

Anda mungkin sering dengar cerita seorang pengusaha sukses yang banyak dari mereka membangun kesuksesan mereka mulai dari nol, bahkan ada yang mulai bukan hanya minimnya tentang ilmu dan financial saja tapi juga di tambah dengan hinaan secara fisik atau hal sifatnya pribadi yang tentu saja itu akan membuat mental semakin hancur lebur. Apabila tidak kuat dalam menghadapi tekanan dalam proses  tersebut.

Dan yang kita tau kebanyakan dari mereka yang mampu menghadapi tekanan dan fokus pada tujuan, malah menjadi seorang yang bisa dikatakan “bisa melakukan apapun saat ini dengan apa yang dia capai” ( itu kalau kita menanggapinya dengan cara negatif ) namun apabila menanggapinya dengan cara positif maka “Akan banyak kebaikan yang dilakukan dari apa yang telah di capainya”

Lalu apa yang harus pertama dilakukan untuk dapat bertahan terlebih dahulu dari tekanan pada saat kita berproses meraih tujuan kita, atau meraih apa yang kita ingin capai ( sukses )

  1. PERBAIKI DIRI DAN BERPRASANGKA BAIK KEPADA ALLAH SWT.

perbaiki diri kepada allah

Hal ini adalah hal mendasar bila di tanya akan memulai dari mana untuk dapat bertahan untuk mencapai tujuan, Yaitu memperbaiki diri dengan cara memperbaiki hati, ibadah, niat yang lurus yang semata – mata untuk meraih ridho ALLAH SWT, yang nanti akan berdampak kepada ruhani anda kuat, bayangkan jika raga anda kuat tapi ruhani anda lemah, pasti tetap akan lemah keseluruhan nya.

Berprasangka baik kepada tuhan, dan munculkan rasa ingin di angkat derajat nya, ingin di sayang, ingin ridhoi, ingin menjadi yang terbaik di sisi ALLAH SWT.

Di sela – sela permohonan dan juga menjalankan kewajiban sebagai makhluk kepada tuhan nya, Percayakan dan lepaskan jiwa dan raga bahwa sepenuh nya milik ALLAH SWT.

2. PERCAYA DIRI & KEJUJURAN

percaya diri

Allah tidak pernah menyuruh kita berputus asa, Dan salah satu cara agar kita dapat terhindar dari keputusasaan adalah memiliki atau membangun rasa percaya diri, setelah kita pasrahkan semua apa yang akan kita ikhtiarkan dan hasil dari apa yang kita usahakan, kepada Allah SWT.

Percaya diri adalah salah satu kunci ilmiah yang dapat digunakan untuk menahan serangan atau pun menyerang, dalam hal ini adalah bertahan dari segala tekanan, baik tekanan dari lingkungan, dari pembenci anda, dari orang tua, dari apa – apa saja yang itu menjadi halangan bagi kita untuk menempuh dan mencapai suatu tujuan.

Tekanan tersebut bervariasi seperti tidak mempercayai atau selalu meragukan akan usaha kita, iri dengan kita, meremehkan kita, menghina kita dan lain sebagainya, yang dimana dengan salah satu cara yaitu percaya diri, maka anda sudah bisa 70 % mampu bertahan dari tekanan tersebut.

Jika kita kehilangan percaya diri maka sudah di pastikan akan terombang – ambing, dan hampir mustahil akan melewati rintangan ini.

Kejujuran, akan menghasilkan integritas, setelah kita memiliki integritas di mata orang lain, maka satu pintu jalan keberhasilan untuk mencapai tujuan kita yaitu kesuksesan telah terbuka, dan tinggal bagaimana kita mempertahan kan nya.

Kejujuran adalah salah satu sifat Rasulullah SAW Yang wajib kita ikuti, karena kejujuran yang bukan tentang aib seseorang atau keluarga, harus menjadi budaya yang dampak positif nya akan begitu besar kepada pribadinya maupun orang lain.

3. FOKUS DAN KONSISTEN

fokus dan konsisten

Ini adalah hal yang tingkatan nya paling sulit di antara yang lain nya, dimana fokus dan konsisten ini, sebuah pola yang harus di jalani dan sudah berada di dalam lapangan, yang dimana anda akan mendapat tambahan rintangan yaitu menghadapi lawan paling utama yaitu diri anda sendiri.

Iya, selain tekanan secara eksternal atau dari luar sekarang anda akan mendapatkan tekanan secara internal yaitu dari diri anda sendiri, yang pasti akan muncul keadaan – keadaan baru, masalah – masalah baru, yang dapat menggoncang bukan hanya secara fisik namun juga secara mental.

Seperti pekerjaan yang di lakukan tidak sesuai harapan, kurang nya modal, kurang nya kemampuan, merasa kesulitan dalam melakukan pekerjaan dan lain – lain banyak sekali.

Tapi untuk menghadapinya saya akan berikan kuncinya, yaitu TANCAPKAN GOAL KITA DALAM HATI, YAKIN DENGAN KELEBIHAN KITA, dan fokus pada tujuan awal, ingat apa yang terjadi bila kita menyerah dan gagal, tentu akan sangat menyakiti diri kita dan semakin sakit lagi.

Karena anda tidak mampu menahan tekanan atau serangan dari luar ( silahkan bayangkan apa yang akan terjadi )

Maupun oleh diri anda sendiri ( seperti rasa kalah, rasa tidak mampu, rasa tidak berguna dll ) itu umumnya jika anda manusia normal, dan juga ingin meraih sesuatu dengan sungguh – sungguh, bukan cuma keinginan semata saja tanpa action. Seperti yang sudah saya bahas di kalimat pertama.

Itu ! Harus fokus dan konsisten Insya ALLAH Hasil tidak akan menghianati dari apa yang kita usahakan.

4. CARI LINGKUNGAN YANG TEPAT DAN MENDUKUNG

CARI LINGKUNGAN YANG TEPAT DAN MENDUKUNG

Kita tidak dapat menentukan tempat kita dilahirkan, tapi kita dapat menentukan tempat untuk berkembang, lingkungan yang kita tinggali terkadang tidak cukup untuk bisa menjadi referensi meraih tujuan yang kita inginkan.

Misalkan anda tidak bisa belajar hal yang di butuhkan untuk mencapai tujuan dari orang – orang yang ada dilingkungan anda, atau ada yang lebih mengerikan lingkungan anda malah berpikir negatif dari apa yang anda sedang ingin capai. Yah itu sebagian kecil nya, tentu masih banyak yang lain nya, termasuk sudah saya bahas di bab tekanan tadi.

Tapi itu bukan titik buntu, yang terkadang lingkungan kita memang harus membutuhkan bukti terlebih dahulu bahwa apa yang sedang kita usahakan itu nyatanya berhasil kita raih, yang dengan hal tersebut maka akan memberikan perbedaan cerita nantinya, seperti anda akan benar – benar di anggap sosok yang superior yang tentu akan memudahkan langkah kita nantinya untuk berbuat sesuatu di lingkungan tersebut.

Dalam proses perjalanan pasti anda membutuhkan lingkungan yang support, seperti satu energi yang sama, atau mungkin tujuan nya sama, dan yang paling penting di lingkungan yang anda cari dan temukan nanti akan dapat belajar dan juga berbagi, mengatasi masalah bersama, merancang terobosan bersama, yang tentu saja itu akan mempersingkat proses untuk mencapai tujuan.

5. KREATIF & DISIPLIN

kreatifitas

Kesuksesan tidak akan menghampiri pada pribadi yang biasa – biasa saja, Melainkan ada nilai lebih dalam pribadi tersebut dan itu sudah sunatullah, Allah akan mempercayakan suatu hal yang lebih yang menurut NYA Pantas untuk mengemban amanah, yang kalau di contohkan misal nya kesuksesan.

Kreatif selain dalam arti dapat menciptakan suatu hal yang berbeda atau unik dengan hasil yang baik, juga dapat di artikan sebagai upaya untuk menjadikan dirinya lebih baik dari hari yang lalu dan berusaha untuk terus mencapainya.

Misal nya kreatif dalam belajar sehingga lebih cepat memahami ilmu, kreatif dalam membuat konten penjualan sehingga penjualanya bisa meningkat, kreatif dengan riset nya sehingga dapat menemukan hal yang bisa berdampak positif pada dirinya dan orang lain.

Kreatif dan disiplin ini akan saling berkaitan, disiplin disini bukan artinya harus bekerja lebih awal, melainkan pandai mengatur waktu yang di sesuaikan dengan bidang kita, misal nya ingin melakukan suatu pekerjaan selama 2 jam, dari jam 10.00 – 12.00, maka harus dilakukan sesuai target.

Hal ini akan melatih diri kita untuk profesional, tepat sasaran, dan sesuai target. Dan hal seperti itu pasti di miliki oleh orang sukses, karena disiplin adalah bagian dari konsistensi, yang dimana konsistensi adalah yang kita pertaruhkan untuk mendapatkan hasil !

6. SEDEKAH & SHOLAWAT

sedekah dan sholawat

Tidak perlu di bahas terlalu panjang karena banyak dari kita sudah mengetahui nya, tentang manfaat dan juga janji ALLAH Atas perkara ini, yang menjadi catatan adalah, jangan pernah berpikir kalau kita bersedekah akan berkurang harta kita, tapi justru akan sebaliknya, selain mendapat pahala untuk bekal di akhirat, ALLAH juga akan melipatgandakan nya di dunia, dari apa yang sudah kita keluarkan di jalan NYA.

Sholawat ini adalah perintah, sebagai rasa cinta dan terimakasih kita terhadap manusia yang paling mulia di muka bumi ini, yaitu Nabi muhammad Rasullullah SAW, Yang dengan risalah yang di emban beliau kita dapat menikmati nikmat nya iman, islam dan mengerti apa yang harus kita perbuat di dunia ini, kemana akan kita kembali, dan bagaimana agar selamat, hingga bertemu dengan Tuhan serta rasullullah muhammad SAW, di alam selanjutnya nanti.

Saya bukan ustadz tapi hal ini sudah selayaknya kita saling mengingatkan satu sama lain, Insya ALLAH Akan membuat kebaikan itu hadir kepada kita sekalian, Demikian tulisan saya kali ini, Cara menghadapi tekanan saat menjalani sebuah proses agar tetap fokus dan berhasil.

Semoga bermanfaat apabila ada kekurangan mohon maaf, semoga anda dapat sukses baik secara financial atau hal lain nya, dan dapat membahagiakan keluarga ataupun orang – orang yang anda cintai baik di sekitar anda maupun yang jauh dari pandangan mata.

Jika anda tertarik dalam berwirausaha di bidang digital silahkan Gabung di grup Indonesia Muda Siap Berdaya IMUSED KLIK DISINI

 

Salam Uun WE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *