Cara masuk akal untuk laris jualan online di facebook

Cara masuk akal untuk laris jualan online di facebook

Cara masuk akal untuk laris jualan online di facebook – Disini saya akan menjelaskan kepada anda sesuai realita yang ada, tidak akan saya manis – maniskan atau pun saya pahit – pahit kan.

Perlu anda ketahui ( jika belum tau ) Pada dasar nya  facebook marketing ada 2 jenis, yaitu facebook marketing organik dan facebook marketing ads, khusus di artikel ini saya akan membahas tentang facebook marketing yang type organik.

Saya harap anda sebelum membaca tulisan ini, anda juga harus baca tulisan saya tentang konsep marketing 7 langkah membangun bisnis online yang menghasilkan.

Dalam facebook organik atau personal hanya ada 5 kunci untuk dapat laris jualan online di facebook itu sendiri.

1. MARKET SASARAN

laris jualan online di facebook

Lagi – lagi market dulu yang saya dahulukan, ini bukan karena tanpa alasan, tapi tidak akan saya sebutkan lagi disini karena bisa anda baca di tulisan saya di link di atas.

Market anda usia berapa sih ? jenis kelamin nya mau ke dua gender atau hanya salah satu nya ?

Mau narget lokasi yang spesifik atau ngacak ? potensi keuangan market itu bagaimana sih ? agar produk yang akan anda tawarkan kepada mereka itu membuat mereka tidak berat untuk membelinya ( padahal mereka butuh, tertarik ) tapi hanya gara – gara anda mengabaikan perkara ini, ujung nya ya nihil. Itu semua adalah gambaran yang bisa anda lihat sekaligus dapat langsung di eksekusi dengan mudah.

Teknis nya :

Add friend mereka sesuai keinginan anda dan yang pasti harus sesuai dengan produk yang akan anda tawarkan kepada mereka, jangan jika jualan gamis malah anda menarget laki – laki ( memang bisa ) mungkin untuk istri nya, tetapi saya sarankan anda targetting yang lebih board atau luas jadi jangan di campur, karena kemungkinan laki – laki membelikan gamis untuk istri nya itu 100 : 1

Sedangkan list pertemanan di facebook organik atau personal setiap 1 akun cuma 5000 maka dari itu jangan penuh – penuhin list yang kurang potensial apabila anda memang ingin full menjadikan facebook organik menjadi tempat jualan anda.

Umur nya harus masuk akal sesuai produk yang akan anda jual, hanya anda yang tau masalah ini, tapi akan saya berikan gambaran, pada contoh : Anda menjual produk Untuk pasangan suami istri disini anda tidak mungkin menjual kepada ABG, ” secara logika nya ”

Keuangan calon target anda, juga harus anda petakan, mungkin jika anda menjual produk yang harga nya cukup umum, hal ini tidak terlalu menjadi masalah, tapi jika menjual barang yang agak mahal bisa anda filter, Cara nya bagaimana ?

Cara nya bisa mencari list pertemanan berdasarkan pekerjaan, dan anda juga harus melihat profil dari market anda apakah kelihatan seperti orang punya uang atau tidak,, biasa nya dari cara mereka berpose..

Wilayah, jika anda stok produk sendiri dan berkeinginan untuk mendatangkan langsung konsumen ke tempat anda, bisa anda eksekusi market yang dekat dengan anda, atau jika anda tidak memegang barang atau dropship, yang biasanya masalah terbesar nya, gak mungkin COD atau ketemu langsung dengan calon pembeli, maka target lah wilayah secara luas..

2. INTERAKSI ( ENGAGEMENT )

interaksi di facebook

Tidak ada interaksi tidak ada transaksi. Kutipan tersebut bukan cuma isapan jempol belaka, tapi memang salah satu teknik wajib yang harus anda lakukan untuk dapat laris jualan di facebook..

Saya akan analogikan agar anda mudah memahami :

Joni membuat status di facebook, dan rani suka me like, komen, bahkan share status dari si joni.. Maka yang terjadi status berikut nya dari si joni akan muncul terus di timeline nya si rani.

Kenapa, karena facebook benar – benar menginginkan pengguna nya itu saling berinteraksi dan menghabiskan waktu nya di facebook, maka dari sini facebook itu sendiri menyuguhkan konten – konten yang memang di sukai, contoh nya si rani yang terdeteksi oleh facebook menyukai konten dari si joni.. LALU Timbal balik nya apa untuk si rani,

Timbal balik nya adalah si joni menyadari bahwa rani suka melike, komen atau share yang otomatis si joni juka akan melakukan hal serupa.. syarat nya apa ? Si rani harus membuat konten yang bagus dan menarik.. sampai disini saya tidak usah menceritakan panjang lebar lagi, pastikan logika anda juga sudah jalan setelah membaca tulisan saya yah.

Nanti dengan praktek anda akan menyadari sendiri efek nya. Analogikan anda sebagai RANI.. Yang like, komen, share duluan status si joni..

maka jangan heran jika status orang sepi tidak ada yang like, komen atau share maka di pastikan tidak ada nya interaksi jadi teman – teman facebook anda tidak akan pernah melihat status anda..

3. KONTEN

konten marketing jualan online laris di facebook

Konten atau status anda harus lah mengandung makna, memiliki daya tarik, ilmu ini cukup sulit untuk pemula, maka dari itu anda harus belajar tentang yang nama nya copywriting..

Atau rangkaian kata baik untuk jualan atau pun inspirasi agar audience terasa nyaman, dan memiliki presepsi tersendiri akan ada nya tulisan kita. Saran saya anda rajin – rajin lah membaca untuk melemaskan urat ide yang masih kaku.. tentang copywriting akan saya bahas di tulisan saya yang lain.

disini saya akan contoh kan konten jualan gamis misal nya yang akan menimbulkan presepsi :

” Wanita begitu di sayang oleh tuhan, karena di ciptakan untuk menjadi perhiasan dunia, oleh karena itu jangan sampai perhiasan ini malah tidak bernilai, dan Kenapa wanita di wajibkan untuk menutup aurat oleh ALLAH SWT , itulah cara ALLAH Untuk melindungi kita dari fitnah dan bahaya”

Pasang lah foto gamis anda di status tersebut, apa presepsi yang akan timbul di benak audience ? Presepsi nya adalah oh iya yah saya seperti nya terlalu rawan untuk di lecehkan oleh lelaki, oh iya yah sepertinya kalau saya pakai gamis seperti itu akan lebih cantik, coba ah…

Kurang lebih seperti itu,

Jangan selalu membuat status yang tanpa seni, atau hanya deskripsi produk saja, atau jga yang paling parah, minat wa, cuma gitu doang ..

mohon di perhatikan facebook personal bukan di khususkan untuk jualan, walaupun bisa, tapi silahkan gunakan cara – cara di atas.. dan lihat beda nya.

4. KONSISTENSI

konsisten

Semua hal akan baik apabila di lakukan dengan kosisten, ya apapun itu, jika anda saat ini memang mengandalkan hanya berjualan di facebook organik atau personal maka lakukan secara konsisten di lapangan, mulai dari membuat konten jualan nya maupun interaksi nya.

Jangan sampai gak laku terus hasil zonk malah anda frustasi, harus tetap lanjut terus ulik terus cara yang sudah saya jabarkan di atas.

Memang cara berjualan di facebook organik atau personal tidak lah terlalu efektif, apabila mau di jadikan bisnis yang menghasilkan setiap hari, mengingat market nya itu – itu saja dan terbatas..  secara logis sudah harus bisa anda membayangkan disini..  memang sangat bisa untuk menjadikan facebook personal sebagai tempat untuk jualan online bisa laris, jika anda bisa scale contoh nya adalah merekrut reseller logis nya reseller anda memiliki teman – teman yang lain, selain di list pertemanan anda, jadi jangkauan nya lebih luas.

5. PERSONAL BRANDING

Personal branding di bangun berdasarkan waktu, ada yang cepat ada juga yang lama, untuk personal branding sebagai seorang penjual, maka cukup buktikan bahwa anda adalah seorang yang amanah, produk anda bagus, anda konsisten sebagai seorang penjual, buktikan bahwa pembeli anda puas dengan memposting testimoni dari mereka, anda juga harus terlihat profesional dari segi penampilan seperti foto profil asli yg rapih dan menarik, tidak usah saya jelaskan untuk hal itu.

Baca tulisan saya disini tentang personal branding yang lebih lengkap

 

Kesimpulan :

Jika anda ingin menjadikan facebook organik menjadi ajang jualan anda maka lakukan lah semua hal di atas dengan 1 kunci pokok yaitu konsisten. jika di rasa anda sudah mulai yakin dengan bagus nya potensi bisnis online, maka anda waktu nya untuk menggunakan type facebook marketing ads, atau yang berbayar.. itu akan jauh lebih cepat dan jauh lebih dahsyat

Itu lah Cara masuk akal untuk laris jualan online di facebook khusus type organik

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

KONTAK WHATSAPP
Kontak Whatsapp