2 jenis mindset yang bisa membuat kamu maju ataupun mundur

2 jenis mindset yang bisa membuat kamu maju ataupun mundur

Posted on

2 jenis mindset yang bisa membuat kamu maju ataupun mundur

Mindset ini adalah pola berpikir, bagaimana seseorang mencapai sesuatu benar atau salah maka anda akan tetap benar, anda berpikir tidak bisa maka benar, anda berpikir bisa maka anda juga benar.

Lebih dari itu akan sangat panjang sekali membahas tentang apa itu mindset, tapi dari sedikit kalimat di atas pasti anda sudah memahami hakikat dari mindset atau pola berpikir itu sendiri.

Mindset ini suatu hal yang sangat berpengaruh terhadap sebuah kesuksesan seseorang !

mindset sukses

Apakah mindset ini bawaan dari lahir, apakah mindset ini tergantung intelejensi kecerdasan seseorang ?

Jawabanya bukan, mindset tidak ada hubungan nya dengan bawaan lahir, ataupun kecerdasan seseorang ( IQ ) Tapi sebuah pola berpikir bagaimana memandang sesuatu yang di dominasi oleh optimisme keyakinan dengan benar.

Pembagian mindset ini sangat luas cangkupan nya, karena berkaitan dengan cara pandang atau berpikir seseorang. Yang bisa di implementasikan di masyarakat, pergaulan, ekonomi bisnis, agama, budaya dan lain sebagainya.

Tapi karena blog saya menulis kebanyakan tentang wirausaha terutama di bidang digital, maka saya akan membahas secara spesifik tentang mindset untuk wirausaha itu sendiri.

Bagaimana mindset ini terbentuk ?

Mindset terbentuk bisa dari berbagai sumber yang mana sumber itu akan di cerna oleh pikiran anda dan menimbulkan presepsi dari dalam diri anda. Bisa dari buku yang anda baca, film yang anda tonton, lingkungan sekitar anda, atau influencer ( tokoh inspirator bagi anda )

Contoh Mindset yang benar : dengan saya bekerja keras giat dan maksimal saya yakin bisa sukses, dengan itu maka saya akan bisa berbuat banyak dengan apa yang saya punya

Contoh Mindset yang keliru : nggak usah usah ngoyo – ngoyo yang penting bisa makan perut kenyang pusing – pusing amat

Itu contoh dari sekian banyak yang lain nya.

Dan ini dia 2 jenis mindset yang bisa membuat kamu maju ataupun mundur

1.  GROWTH MINDSET

Growth mindset artinya memiliki pemikiran yang cenderung ingin maju dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan – tujuan yang besar dengan penuh keyakinan, mindset jenis ini sangat di butuhkan pemikiran yang out of the box, apalagi dalam menghadapi dunia yang kedepan yang sangat dinamis.

Cenderung berubah – ubah begitu cepat, maka di butuhkan orang – orang yang tangguh, cerdas, dan tahan banting.

Sangat di butuhkan pula pola pikir pemenang, Jika ingin membawa perubahan maka mengembangkan diri untuk menjadi pribadi yang tangguh, mandiri maka kita perlu membangun pola berpikir growth mindset tersebut.

Biasanya mindset ini akan di uji pada peristiwa – peristiwa terkait dengan tantangan, terkait dengan kegagalan, terkait dengan kerja keras, juga terkait dengan kritik.

Dengan tantangan : Orang yang memiliki growth mindSet maka akan senantiasa menantang diri mereka untuk melakukan sesuatu hal yang bisa mendorong pertumbuhan.

Dengan kegagalan : Orang yang memiliki growth mindSet akan menganggap bahwa sebuah kegagalan adalah bagian dari proses pembelajaran untuk menemukan cara yang lebih baik yang dapat mencapai tujuan nya.

Dengan kerja keras : Growth mindset memandang bahwa kerja keras adalah pintu menuju kesuksesan

Dengan kritik : Terbuka dengan kritik juga salah satu point yang dimiliki oleh seseorang yang memiliki growth mindset, menjadikan kritik sebagai sumber inspirasi dan belajar dari tidak kesempurnaan sebelumnya, sehingga bisa menjadi lebih baik.

Berusaha menemukan pelajaran dari inspirasi keberhasilan orang lain, yang mana mereka akan semakin menemukan kepakaran semakin tinggi.

2. FIXED MINDSET

Fixed mindset ini adalah kebalikan atau lawan dari pada growth mindset, yang pada akhirnya mereka tidak bisa mencapai puncak potensi mereka alias statis tidak mau bertumbuh. Yang sebener nya apabila mereka memiliki growth mindset maka pencapaian – pencapaian baru dan lebih akan dapat di capai.

kalau di bahasakan sederhana ini boleh di bilang tipikal yang berprasah tanpa ada usaha untuk pertumbuhan.

dapat di uji dengan berbagai peristiwa pula seperti di atas yaitu dengan dengan tantangan, terkait dengan kegagalan, terkait dengan kerja keras, juga terkait dengan kritik.

Dengan tantangan : orang yang bermindset fixed ini maka akan cenderung menghindar atau menghindari tantangan, mengerjakan apa yang mereka mampu saja atau merasa mampu, apabila ada suatu kegiatan yang di dalam benaknya gagal, maka orang fixed mindset ini akan memutuskan mundur atau tidak mengambil peran.

Dengan kegagalan : orang yang bermindset fixed akan menilai bahwa kegagalan merupakan tanda atas ketidakkemampuan atau ketidakbakatan, dan menganggap sebuah keniscayaan.

Dengan kerja keras : orang yang bermindset fixed akan menganggap kerja keas merupakan hal yang tidak berguna, dan menganggap tidak akan mengubah dirinya, karakter maupun kemampuan nya.

Dengan kritik : kritik adalah sesuatu yang harus di hindari bagi orang yang memiliki mindset fixed, karena dirinya ingin mnunjukan bahwa dirinya tampak sempurna.

Lalu bagaimana kita mengambil kesimpulan dari ke 2 mindset di atas ?

Itu semua ada pada pribadi masing – masing personal, maka silahkan tanyakan kembali kepada diri anda berdasarkan penjelasan yang sudah tertera, apakah ingin pertumbuhan atau memilih untuk tetap di tempat.

Namun bagi seorang wirausahawan, memiliki mindset growth adalah sebuah hal yang mutlak, karena akan menjadi seseorang yang menaungi berbagai hal, seperti akan menjadi panutan, akan menjadi inspirasi, akan menjadi pengayom, bagi siapa ?

Bagi karyawan anda atau team anda, atau menjadi pertimbangan partner dan lain sebagainnya, apabila di bahas secara menyeluruh maka artikel ini akan sangat panjang, oleh karena itu pelajaran inti yang ada dalam tulisan ini yang penting tersampaikan.

Demikian artikel tentang 2 jenis mindset yang bisa membuat kamu maju ataupun mundur semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *